Proses Pembelajaran Kelas XI IPS 1
Segitiga Emas Pembelajaran Matematika Abad 21
“Metode Inovatif Pembelajaran matematika semi online yang melibatkan guru, peserta
didik, dan Orangtua”
Wahyudi,
D. 2017. Segitiga Emas Pembelajaran Matematika Abad
21 “Metode Inovatif Pembelajaran matematika semi online yang melibatkan guru, peserta didik, dan Orangtua”.
Pada abad 21, mata pelajaran utama perlu dibingkai oleh kompetensi
pembelajaran dan inovasi karena belajar tidak hanya terbatas di sekolah saja
tetapi dari banyak sumber lain. Karena itu diperlukan dukungan kompetensi
pemanfaatan informasi, media, dan TIK. Sedangkan kompetensi inovasi memerlukan
dukungan proses pembelajaran yang dapat memperkuat kreativitas melalui kemampuan berfikir kritis
dan Kolaborasi dalam proses pembelajaran.
Permasalahan
yang sering dijumpai di SMA Negeri 1 Rangkasbitung khususnya adalah
1) Bagaimana proses segitiga emas pembelajaran matematika abad 21 dapat
diterapkan; 2) Bagaiamana dampak atau hasil dari proses segitiga emas pembelajaran
matematika abad 21, Sesuai dengan pengalaman penulis, untuk mengatasi
permasalahan pembelajaran, penulis melakukan inovasi metode pembelajaran
segitiga emas yang melibatkan pendidik, peserta didik dan orangtua. Penulis
telah mengembangkan dan menggunakan metode ini sejak tahun 2006 tetapi
dikembangkan lebih dalam pada tahun 2017 dengan bantuan Learning Manajemen
System (LMS) Quipper School.
Kekuatan ini yang bisa menjadi
Startegi tepat dan dapat diaplikasikan sehingga tanggung jawab dalam pencapaian
tujuan pendidikan dapat tercapai. Kiranya Segitiga
Emas Pembelajaran Matematika abad 21, tepat untuk bisa digunakan dalam
pembelajaran.
Pembelajaran dengan menggunakan
metode segitiga emas memiliki karakteristik yang unik dan dapat dikembangkan
lebih jauh, keterikatan emosi dalam pembelajaran hadir sebagai solusi terhadap
penguatan konsep matematika dan konsep membelajarkan pendidik, peserta didik
dan orangtua. Implementasi metode segitiga emas pembelajaran matemtika abad 21
secara kualitas dapat meningkatkan nilai-nilai abad 21 yang disebut 4C dan
meningkatkan kualitas hasil belajar peserta didik ditandai dengan peroleha
nilai tugas dan nilai ulangan.
Kata kunci : segitiga emas, pembelajaran abad 21
Komentar
Posting Komentar