Langsung ke konten utama

Segitiga Emas Pembelajaran Matematika Abad 21

Proses Pembelajaran Kelas XI IPS 1
Segitiga Emas Pembelajaran Matematika Abad 21 
Metode Inovatif Pembelajaran matematika semi online yang melibatkan guru, peserta didik, dan Orangtua


Wahyudi, D. 2017. Segitiga Emas Pembelajaran Matematika Abad 21 “Metode Inovatif Pembelajaran matematika semi online yang melibatkan guru, peserta didik, dan Orangtua. 


Pada abad 21, mata pelajaran utama perlu dibingkai oleh kompetensi pembelajaran dan inovasi karena belajar tidak hanya terbatas di sekolah saja tetapi dari banyak sumber lain. Karena itu diperlukan dukungan kompetensi pemanfaatan informasi, media, dan TIK. Sedangkan kompetensi inovasi memerlukan dukungan proses pembelajaran yang dapat memperkuat  kreativitas melalui kemampuan berfikir kritis dan Kolaborasi dalam proses pembelajaran.

Permasalahan yang sering dijumpai di SMA Negeri 1 Rangkasbitung khususnya adalah
1)  Bagaimana proses segitiga emas pembelajaran matematika abad 21 dapat diterapkan; 2) Bagaiamana dampak atau hasil dari proses segitiga emas pembelajaran matematika abad 21, Sesuai dengan pengalaman penulis, untuk mengatasi permasalahan pembelajaran, penulis melakukan inovasi metode pembelajaran segitiga emas yang melibatkan pendidik, peserta didik dan orangtua. Penulis telah mengembangkan dan menggunakan metode ini sejak tahun 2006 tetapi dikembangkan lebih dalam pada tahun 2017 dengan bantuan Learning Manajemen System (LMS) Quipper School.

Kekuatan ini yang bisa menjadi Startegi tepat dan dapat diaplikasikan sehingga tanggung jawab dalam pencapaian tujuan pendidikan dapat tercapai. Kiranya Segitiga Emas Pembelajaran Matematika abad 21, tepat untuk bisa digunakan dalam pembelajaran.

Pembelajaran dengan menggunakan metode segitiga emas memiliki karakteristik yang unik dan dapat dikembangkan lebih jauh, keterikatan emosi dalam pembelajaran hadir sebagai solusi terhadap penguatan konsep matematika dan konsep membelajarkan pendidik, peserta didik dan orangtua. Implementasi metode segitiga emas pembelajaran matemtika abad 21 secara kualitas dapat meningkatkan nilai-nilai abad 21 yang disebut 4C dan meningkatkan kualitas hasil belajar peserta didik ditandai dengan peroleha nilai tugas dan nilai ulangan.


Kata kunci : segitiga emas, pembelajaran abad 21




Komentar

Postingan populer dari blog ini

Dwa Math adalah seseorang yang memiliki kecintaan pada matematika. Rasa cinta ini melebihi kecintaannya pada siapapun.... Matematika merupakan sebuah penemuan ilmu pengetahuan yang mampu mengubah dunia menjadi lebih baik dan lebih bermanfaat lagi..

TIGA KEBUTUHAN DASAR DALAM MENJALIN KOMUNIKASI ONLINE

  Dudi Wahyudi     6 days ago     Serba-serbi Rangkasbitung-Lebak. Manusia dilahirkan sebagai mahluk sosial. hal ini yang mendasari pemikiran bahwa kita hidup harus mampu menjalin komunikasi yang baik. dalam teori komunikasi tentu saja berkembang lebih jauh bahwa komunikasi tidak hanya dilakukan secara langsung atau tatap muka, tetapi bisa dilakukan dimanapun, kapanpun dan bagaimana cara mengkomunikasikannya. Hidup di era sekarang tentu saja alat komunikasi berkembang sesuai dengan jamannya. Cara berkomunikasi pun berkembang lebih jauh lagi. Dalam tatanan bermasyarakat komunikasi menjadi suatu hal yang mampu mengubah peradaban manusia. Bagaimana orang akan menjadi sesuatu, bagaimana sesuatu akan menjadi berharga semuanya tergantung dari cara berkomunikasi itu sendiri. Dalam tatanan kerja, alat komunikasi menjadi kebutuhan dasar atau pokok manusia. Di sekolah cara kerja dan efektifitas kerja akan tercapai dengan baik apabila terkomunikasikan...